Dalam membangun sebuah rumah minimalis, selain menentukan konsep dan desain pemilihan skema warna cat rumah juga tidak kalah pentingnya, karena warna cat sangat berpengaruh terhadap keindahan eksterior maupun interior sebuah rumah. Khusus untuk eksterior rumah ada dua hal yang mempengaruhi keindahan visual sebuah ruma, yaitu betuk (desain rumah) dan warna (warna cat rumah yang digunakan).

Untuk wararna cat dinding rumah, Anda bisa menggunakan satu warna ataupun kombinasi. Jika memilih menggunakan satu warna, Anda dapat memilih warna putih atau cream . Namun jika memilih untuk melakukan perpaduan warna cat, jangan sampai lebih dari tiga warna jika tidak ingin rumah Anda terlihat aneh. Pilihlah dua atau tiga perpaduan warna cat dengan 1 warna dominasi (warna utama), misalkan kombinasi putih dan merah, putih sebagai warna utama dan merah hanya sebagai aksen saja.

Contoh Warna Cat Ekterior Rumah Minimalis

Rumah minimalis warna cream

Model rumah idaman minimalis modern

Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis sederhana

Kombinasi Warna Cat Exterior Rumah Minimalis

Bentuk rumah minimalis 2 lantai

Desain modern rumah minimalis

Desain Rumah minimalis terbaru

Desain rumah sederhana minimalis

Gambar rumah minimalis 1 lantai

Sebelum Anda memilih skema warna khusus untuk eksterior, berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan yang dapat membantu Anda memilih palet warna yang tepat untuk rumah Anda:

1. Memudar
Warna memudar adalah salah satu masalah yang dipikul oleh warna gelap dan warna. Jika Anda berencana untuk memilih palet warna yang meliputi warna gelap sebagai yang utama, maka Anda harus tahu bahwa warna gelap dapat memudar lebih mudah daripada yang lebih ringan. Ini bukan untuk mengatakan bahwa warna gelap tidak boleh digunakan, namun Anda harus menjaga fakta-fakta di atas dalam pikiran ketika memilih warna.

2.Protection
Hal lain yang harus Anda pertimbangkan ketika merencanakan untuk mengubah eksterior warna cat rumah adalah untuk memilih merek yang memberikan perlindungan. Eksterior rumah Anda akan terkena unsur-unsur alam dan penting bahwa kualitas cat memberikan perlindungan yang baik dari cuaca panas, angin, debudan air hujan yang menyebabkan cat retak, kupas dan memudar dalam hitungan bulan setelah menerima lapisan cat baru. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa cat yang Anda gunakan untuk eksterior yang berkualitas tinggi yang akan memberikan perlindungan dari berbagai cuaca sepanjang tahun.

3. Kombinasi Warna
Ketika memilih eksterior warna cat rumah minimalis, itu juga penting bahwa Anda memilih palet warna yang mungkin selaras dengan satu sama lain serta lingkungan sekitar. Jadi jangan sembarangan bereksperimen dengan warna (meskipun bisa sangat menarik) sebagai cat tanpa perencanaan yang matang dapat membawa Anda sebuah rumah yang terlihat aneh atau lucu. Hal ini juga penting untuk mempertimbangkan lingkungan atau warna-warna alam di sekitar Anda ketika Anda memilih eksterior warna cat rumah. Palet warna yang Anda pilih harus menciptakan harmoni yang menyenangkan untuk sekitarnya.

Memilih warna yang tepat dapat memberikan keindahan secara visual dan nyaman untuk ditinggali. Oleh karena itu luangkanlah waktu untuk memilih warna dan jenis cat yang akan digunakan sebelum Anda membelinya.