Cafe adalah salah satu tempat nongkrong atau bahasa gaulnya hangout yang sangat digemari anak muda masa kini, apalagi di kota-kota besar cafe sudah menjamur sejak sekian lama, dengan berbagai konsep desain yang sangat beragam. Setiap cafe bisanya memiliki keunikan tersendiri dari mulai desain interior cafe, pelayanan sampai menu hidangan yang disediakan. Keunikan tersebut sengaja diciptakan pemilik selain untuk ciri khas cafe juga sebagai daya tarik untuk menarik pengunjung. Tidak jarang orang tertarik untuk datang kesebuah cafe karena keunikan atau keindahan desain dari cafe tersebut.

Nah, bagi Anda yang berncana untuk berbisnis dengan membukan cafe, memikirkan konsep atau gaya desain cafe menjadi salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan matang-matang, karena selain menyedikan menu minuman atau makan yang enak, masalah konsep desain cafe juga tidak kalah penting dalam kesuksesan bisnis ini. Apalagi target pasarnya anak muda konsep harus benar-benar unik, menarik dan nyaman. Karena jiwa muda biasanya lebih menyukai hal-hal tersebut. Namun apapun konsep yang Anda pilih intinya harus bisa menciptakan suasana nyaman dan santai, sehingga orang betah untuk berlama-lama disana.

Lihatlah 3 beberapa contoh konsep desain cafe di bawah ini, dari desain cafe di beberapa negara. Semoga menginspirasi Anda!!

1. Kyoto Cafe

Kyoto adalah sebuah cafe makanan Asia berbasis di Rostov-on-Don, Rusia. cafe memiliki 3 bidang: ada kontemplasi, komunikasi dan zona makanan. Interior didasarkan pada kombinasi kontras tekstur; skema warna palet hidangan bergaya masakan tradisional Jepang. Identitas dan dekorasi fasad didasarkan pada pola grafis dan metode papan tanda tradisional di kota-kota Jepang.

Kyoto Cafe

Contoh desain interior cafe

Desain kafe ala Jepang

Interior Kyoto Cafe

meja cafe unikmodel kursi kafeSource: Multiple Owners 

2. Gastro Cafe 15 (Gagarina,15, Krivoy Rog, Ukraina)

Gastro cafe 15

Desain interior gastro cafe 15

Meja cafe

Contoh kursi dan meja cafe

Contoh bar cafe

Konsep interior cafe

Source: Anna Pahomova

3. Clean food cafe Fortes by Katie Domracheva

Interior Fortes cafe

Dekorasi cafe unik

Konsep desain cafe

4. Cafe Gaya Industrial

Gaya industrial memang terlihat lebih unik, dengan ciri khas interior yang menggambarkan sebuah pabrik tua yang membiarkan fitur sistem bangunan seperti saluran pipa, pemanas dan ventilasi yang dibiarkan terekspos. Dan untuk menciptakan tampilan cafe yang lebih menawan, berikan sentuhan industrial pada aksesoris, pencahayaan atau perabotan ruangan.

Cafe bergaya industrial

Interior cafe yang unik

Desain kafe yang unik

Konsep cafe unik

Cafe in industrial style by Katie Domracheva