DirumahKu – Mencari rumah memang gampang-gampang susah. Walaupun pada saat ini banyak sekali penjual rumah yang tersedia secara online, mulai dari agen properti perumahan atau yang menjual rumah secara personal.

tips beli rumah

Apalagi bagi pasangan baru menikah yang ingin membeli rumah, biasanya mereka banyak sekali pertimbangan, mulai dari memilih lokasi, desain dan type rumah yang dapat disesuai dengan budget yang tersedia. Bagi Anda yang sedang mencari rumah dan berencana untuk membeli rumah baru, ada beberapa tips yang harus dilakukan sebelum membeli rumah baru supaya tidak tertipu.

1. Mengadakan Perbandingan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membandingkan rumah yang anda ingin beli dengan beberap rumah yang ada di sekitarnya. Mulai dari bentuk arsitektur, desain juga lingkungan.

2. Mengumpulkan Informasi
Mengumpulkan selengkap mungkin informasi tentang rumah yang ingin Anda beli, seperti kepemilikan, status tanah dan bangunan serta berapa harga yang ditawarkan. Jikan Anda ingin membeli rumah di perumahan jangan membeli rumah sebuah perumahan yang unit urumahnya banyak di beli spekulan, karena biasanya perumahan tersebut akan sepi penghuni. selain itu juga akan sangat berpengaruh kepada perkembangan harga rumah dalam jangka panjang.

3. Mengamati Kondisi Rumah
Mengamati kondisi bangunan secara teliti itu sangat penting, mulai dari eksterior rumah sampai interior rumah. Anda juga harus masuk untuk memeriksa setiap ruangannya dan jika ada yg jangggal tanyakan langsung kepada pengembang atau pemilik rumah tersebut.

4. Mempelajari Harga Pasar
Langkah selanjutnya Anda harus mencari informasi tentang harga-harga rumah yang ada di daerah tersebut dengan type rumah yang sama, lalu Anda bandingkan. Dengan begitu akan akan tau berapa harga pasaran rumah di wilayah tersebut, sehingga Anda tidak akan kemahalan dalam membeli rumah.

5. Meminta Pendapat Pihak Ketiga
Jika Anda sudah menemukan rumah yang mau di beli, mintalah pendapat orang lain tentang rumah tersebut, bisa dari sahabat, keluarga, atau penilai profesional yang mampu menilai kondisi dan harga rumah secara objektif.

6. Menghubungi Notaris
Menggunakan jasa notaris itu lebih baik dalam proses transaksi jual beli rumah, karena dalam hukum jual beli rumah termasuk hal rumuit, kompleks dan sangat memerlukan kepastian hukum.

7. Mengatur Sistem Pembayaran
Langkah terakhir adalah mengatur pembayaran dari transaksi rumah. Aturlah transaksi dengan baik, dengan melakukan pembayran melalui transfer bank, ini akan meminimalisir kejahatan bagi kedua pihat.

Source