Ruang keluarga merupakan ruang yang sangat populer di rumah tempat keluarga rileks, nonton TV bersama, belajar dan aktivitas lainnya. Karena ruang keluarga diperuntukkan bagi semua anggota keluarga baik dewasa dan anak-anak, maka harus mengandung unsur-unsur yang bisa dinikmati dan disukai semua anggota keluarga. Begitu juga dengan warna cat yang digunakan untuk ruang yang satu ini, karena ruang keluarga dimaksudkan untuk setiap anggota unit keluarga sehingga perlu memastikan bahwa warna yang dipilih bekerja dengan sempurna untuk setiap anggota keluarga yang bersangkutan.

Memilih warna cat yang tepat untuk desain interior ruang keluarga bisa jadi sulit karena ada begitu banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah mood yang ingin Anda ciptakan, mencocokkannya dengan warna furnitur di dalam ruangan, dan warna apa yang paling Anda dan keluarga Anda sukai. Setiap anggota keluarga mungkin punya warna kesukaan yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya, mungkin hal biasa. Yang jadi masalah bagaimana kalau setiap anggota mempunyai keinginan untuk mengecat ruang keluarga dengan warna pavorit mereka masing-masing. Solusinya adalah dengan mengkombinasikan warna tersebut kedalam interior ruang keluarga. Dengan skema warna tidak hanya untuk cat dinding saja, melainkan kesemua furniture dan barang-barang lain yang ada di ruangan tersebut.

Jika Anda ingin menghadirkan suasana tertentu kedalam ruang keluarga, Anda harus sedikit memahami tentang efek psikologi warna. Karena suhu warna dari berbagai warna bisa mempengaruhi suasana hati kita. Warna hangat seperti merah, kuning, oranye dan coklat tua bisa membuat tempat itu tampak energik. Artinya warna-warna ini adalah warna dinding yang bagus untuk tempat yang sering digunakan bersosialisasi dengan anggota keluarga dan saudara atau teman-teman yang sedang bertamu ke rumah Anda. Warna sejuk seperti hijau, biru dan abu-abu bisa memberi ruangan perasaan santai dan tenang. Karena itu, warna ini bagus untuk ruangan dimana kita biasanya rileks seperti kamar tidur.

Contoh Skema Warna Ruang Keluarga

#1

Interior ruang keluarga modern

#2

Ruang bermain anak

#3

Dekorasi ruang tamu ungu coklat

#4

Dekorasi ruang keluarga

#5

Desain ruang keluarga kecil

#6

Ide ruang keluarga modern

#7

Ruang keluar biru putih

#8

Ruang keluar tradisional

#9

Ruang keluarga kontemporer

#10

Tema dekorasi ruang tamu

#11

Sofa ruang keluarga

#12

Warna cat dinding biru langit