Rumah di Asia Tenggara wajib memiliki gorden/tirai. Objek yang satu ini bukan hanya pemanis, tetapi fungsi utamanya adalah untuk penutup jendela dari sinar matahari yang berlebihan. Tirai juga berfungsi untuk menjaga privasi orang-orang yang ada di rumah. Tapi lebih dari fungsi utamanya, seharusnya gorden dihiasi dengan hati-hati. Berikut tips dekorasi gorden yang wajib Anda ketahui.

Selain furnitur dan aksesori rumah, model gorden jendela juga harus dipertimbangkan untuk membuat rumah Anda lebih indah.

1. Mengukur Dengan Benar
Jika ada gorden yang terlihat tidak menarik, apakah gorden yang ukurannya tidak pas. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli adalah untuk mengukur tirai jendela dan kusen jendela secara tepat, dan kemudian di samping tempat Anda ingin menggantungnya, di ketinggian berapa saja, dan berapa inci kanan dan kiri jendela. tirai adalah produk yang dibuat khusus. Jika ukurannya tidak pas, Anda tidak bisa menukarnya. Pengukuran gorden tepatnya agar terlihat bagus.

Tirai Jendela poni

2. Pasang atau Gantung Gordrn Yang Panjang
Mungkin jendela di rumah Anda hampir tidak sampai ke langit-langit, tetapi menggantungnya tepat di bingkai akan membuatnya terlihat kurang menarik. Karena itu, disarankan untuk menggantung agak tinggi. Tirai yang tinggi akan terlihat lebih elegan dan mewah. Tirai panjang terlihat lebih elegan dan mewah dari gorden hanya sekitar ukuran bingkai jendela.

Gorden Jendela Modern

3. Membeli gorden khusus (Custom Sendiri Sesuain yang Kita Butuhkan)
Jangan sampai Anda tergoda oleh iming-iming gorden diskon selesai. Bahkan bisa satu ukuran dan terlalu pendek. Gorden yang terlalu pendek akan terlihat aneh, kecuali Anda menggantungnya di jendela dapur. Agar ukurannya pas, beli gorden custom.

Gorden Jendela Poni

4. Beli Gorden Yang Melikiki Lipatan atau Lekukan
Saran penting untuk Anda adalah, buat tirai lebar 2 kali ukuran jendela. Misalnya ukuran jendela Anda 2 meter, maka Anda harus memesan gorden dengan lebar 4 meter. Ini untuk menciptakan kesan yang lengkap dan tidak bias, sehingga ketika gorden tertutup, lipatan-lipatan atau lekuk-lekuknya akan terlihat gorden yang indah. Ukuran gorden harus 2 kali ukuran lebarnya, sehingga ketika tertutup tetap kusut.

Gorden Jendela Dapur

5. Pilih Yang Mudah Perawatan
Saat ini, ada banyak jenis gorden yang dijual. Ada gorden berponi, vitrage, dan lainnya. Bahan gorden juga bervariasi. Namun, hampir semuanya sulit dibersihkan dengan mencuci secara normal. Bahkan, banyak yang sangat sensitif terhadap kelembapan dan mudah berkembang biaknya bakteri. Padahal, harganya sangat mahal. Karena itu, pilih gorden kain polos. Motifnya banyak, harga lebih terjangkau, dan juga mudah dibersihkan.

Gorden Jendela PendekDesain gorden

Gorden cantik

Gorden jendela mewahModel jendela rumahModel JendelaMotif tirai jendelaTirai Jendela pendekTirai Jendela tinggi

Kelima poin di atas tidak boleh diabaikan, karena desain jendela juga merupakan elemen rumah yang perlu diperhatikan, bahkan elegan dan indah bisa menambah ruangan.