Ruang tamu merupakan salah satu ruangan terpenting di sebuah rumah. Jika kamar tidur digunakan untuk tempat peristirahatan pemilik rumah dan seluruh anggota keluarga, dapur sebagai tempat memasak, dan kamar mandi sebagai tempat untuk dibersihkan badan, maka ruang tamu adalah tempat untuk menciptakan interaksi dengan tetangga, saudara dan semua teman atau kerabat Anda, untuk itu ruang tamu adalah tempat paling pas untuk membuat kesan yang baik untuk semua orang, tentang rumah Anda dan kesukaan Anda sebagai pemilik rumah.

Karena seperti yang selalu kami katakan, ruang tamu bisa menjadi cerminan bagi pemilik rumah itu sendiri. Jika ruang tamu Anda berantakan, maka secara otomatis Anda akan dinilai sebagai orang yang malas dan berantakan, mereka juga akan berpikir jika bagian rumah lainnya sama berantakannya dengan ruang tamu Anda. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kerapian ruang tamu Anda setiap saat.

Tips Mendesain Ulang Ruang Tamu

Selain sebagai tempat untuk menerima tamu, terkadang ruang tamu juga digunakan sebagai tempat berkumpul bagi keluarga inti. Apalagi sekarang, banyak ruang tamu yang memiliki fungsi ganda sebagai ruang keluarga. Jadi, selain untuk selalu menjaga ruang tamu bersih dan rapi, pastikan untuk membuat ruangan terasa lebih hidup dan senyaman mungkin sesuai dengan selera anggota keluarga lainnya, karena selain sebagai tempat untuk bertemu dengan teman-teman, ruang tamu Anda bisa menjadi tempat untuk berkumpul bersama keluarga, entah itu untuk membahas masalah-masalah penting, atau sekadar bicara santai.

Untuk membuat ruang tamu yang nyaman, perhatikan hal-hal berikut sebelum medekorasi ulang ruang tamu.

1. Tentukan Konsep Ruang Tamu

Mendekor ruang tamuHaruskah kita harus tahu desain di rumah kita. Termasuk rumah minimalis klasik atau rumah modern. Konsep rumah minimalis jelas berbeda dengan konsep antik atau klasik. Jadi kita harus melihat konsep rumah kita, perabotan apa yang cocok untuk ruang tamu minimalis kita.

2. Pengaturan Dekorasi Ruang Tamu

Living room ideas

Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan keinginan semua anggota keluarga. Jika perlu, tanyakan pendapat pasangan dan anak-anak. Misalnya, di sekitar garis pandang, kita harus memililih untuk tidak menggunakan furnitur yang menciptakan blok visual. Bangku atau meja sudut rendah adalah pilihan yang mungkin sesuai dengan posisi kursi tamu, jangan biarkan ada hambatan untuk lebih fleksibel dalam melihat.

3. Kursi

pot dan meja

Ini adalah hal yang wajib di ruang tamu. Bisa model minimalis, atau model sofa biasa. Dilihat dari fungsinya, kursi tamu adalah yang paling sentral dari furnitur di ruang tamu. Pastikan pilihan desain kursi tamu benar, dan hati-hati dalam penempatannya. Sebisa mungkin buat suasana ruang tamu senyaman mungkin dengan kursi tamu paling ideal.

4. Pilih Furnitur Ruang Tamu Yang Memiliki Ukuran Yang Tepat

Furniture ruang tamu putih

Untuk konsep ruang tamu yang besar dan luas akan lebih mudah diatur daripada ruang tamu sempit. Namun jangan berkecil hati, ruang tamu yang sempit belum tentu tidak nyaman. Sekarang ini telah dijual sofa atau kursi yang memiliki desain minimalis, yang tidak kalah bagusnya dengan sofa atau kursi model besar. Pilih dengan bijak untuk menghasilkan konsep ruang tamu yang nyaman dan menarik.

5. Berikan Aksesoris Tambahan Biar Ruangan Lebih Hidup

Hiasan interior

Aksesori apa saja yang bisa kita gunakan? Bahkan banyak vendor menjual aksesoris untuk ruang tamu. Mungkinkah itu ke dinding atau ke meja dan bufet. Foto keluarga adalah salah satunya. Ini bisa sangat harmonis ketika memilih konsep ruang tamu klasik. Sementara souvenir aqua adalah pilihan yang pas untuk aksesoris meja minimalis Anda. Jika masih kurang, bisa tambahkan vas bunga yang dilukis di sudut ruang tamu kita.