Memiliki kamar tidur sempit seharusnya tidak menjadi alasan bagi sebagian orang untuk menganggap bahwa itu tidak nyaman dibandingkan dengan kamar tidur yang lebih besar. Padahal rasa nyaman tidak bisa di ukur dari besar atau kecilnya ruangan. Ini hanya masalah bagaimana Anda memanfaatkan ruang yang tersedia yang sudah Anda miliki. Dengan asumsi Anda memiliki kamar tidur kecil, Anda harus berpikir bagaimana caranya agar kamar Anda lebih terasa luas dari ukuran sebenarnya dan terasa lebih nyaman.

Ada cara mengenai bagaimana Anda dapat membuat warna cat yang Anda pilih dapat membuat kamar kecil Anda terlihat lebih besar. Jika Anda memiliki kamar tidur kecil dan ingin menciptakan ilusi ruang yang lebih besar, Anda dapat menciptakan ilusi tersebut dengan menggunakan warna yang lebih terang dari warna apa pun yang Anda pilih. Karena warna yang lebih terang dapat membuka ruangan dan benar-benar membuat ruangan tampak lebih besar. Warna yang lebih gelap, di sisi lain bisa membuat ruangan terlihat lebih kecil. Untuk hal ini mungkin Anda sudah tahu, tapi jika Anda ingin menggunakan warna gelap untuk kamar tidur yang sempit, kami sarankan untuk memadukannya dengan warna lain yang lebih terang, dengan skema warna yang lebih didominasi warna terang. Dengan kata lain warna gelapnya lebih sedikit atau digunakan hanya untuk aksen saja.

Berikut adalah beberapa contoh warna cat yang cocok untuk kamar tidur sempit.

Putih

Kamar tidur warna putih

Warna putih adalah salah satu warna netral yang paling cocok untuk ruangan sempit. Warna yang satu ini membuat kamar kecil terasa lebih luas dari sebenarnya. Selain itu warna putih juga dapat memudahkan kita saat mendekor dinding.

Biru Laut

Kamar warna cat biru laut

Selain dapat memberikan efek besar terhadap ruangan kecil, warna biru laut juga dapat menghadirkan suasana sejuk kedalam ruangan. Warna biru laut ini sangat cocok jika dipadukan dengan warna putih.

Kuning Orange

Kamar tidur kuning orange

Kecerahan dari warna kuning orange juga dapat memanipulasi mata dan perasaan kita, sehingga Anda akan merasakan berada di ruangan yang luas walaupun sebenarnya kamar Anda kecil.

Biru Hijau

Kamar tidur warna biru hijau

Warna biru hijau juga sangat cocok untuk ruangan kecil agar terlihat lebih besar. Sama halnya dengan warna dingin lainnya, warna biru hijau juga dapat memberikan suasana sejuk dan segar kedalam kamar tidur.

Abu-abu

Kamar cat abu-abu

Jika Anda ingin menghadirkan kesan luas, lembut dan elegan kedalam kamar tidur, warna netral yang satu ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Warna abu-abu juga akan terlihat lebih cantik jika dipadukan dengan warna putih.

Merah Menyala

Ide cat kamar tidur sempit

Selain warna putih, warna merah juga dapat memberikan efek luas kedalam kamar yang berukuran kecil. Jika Anda ingin menggunakan warna merah menyala ini, kami sarankan untuk mengkolaborasikannya dengan warna putih, baik di dinding maun ke furniture yang ada didalam kamar.

Krem

Kamar tidur cream

Solusi lain untuk membuat kamar terasa lebih luas adalah dengan menggunakan warna krem. Namun jika terlalu membosankan Anda bisa menambah aksen dengan warna netral atau warna cerah.

Hijau Lemon

Kamar tidur cat hijau lemon

Walaupun jarang digunakan untuk cat kamar tidur, warna hijau lemon ini juga dapat membuat kamar kamar sempit terasa lebih besar. Sama halnya dengan warna cerah lainnya warna hijau lemon juga dapat memantulkan cahaya dari matahari atau sinar lampu dengan baik, sehingga ruangan kamar akan terasa lebih terbuka dan terasa lebih besar.

Merah Anggur

Kamar warna merah anggur

Jikan dibandingkan dengan warna-warna sebelumnya, warna merah anggur ini memang terkesan lebih gelap. Namun warna ini bisa menjadikan ruangan yang anda anggap sempit menjadi lebih terlihat luas. Warna merah anggur ini cocok untuk Anda aplikasikan di kamar tidur sempit tapi harus dipadukan dengaan warna lain, seperti warna putih atau dengan warna-warna pastel.

Warna Pastel

Dekorasi kamar warna pastel

Warna - warna pastel

Warna terakhir yang bisa Anda gunakan untuk memberikan kesan luas di dalam kamar tidur sempit adalah dengan menggunakan warna-warna pastel. Warna pastel sendiri tercipta dari campuran warna primer atau sekunder yang dicampur dengan warna putih, sehingga menghasilkan warna yang lebih muda atau warna cerah dan juga lembut. Warna pastel juga sangat cocok jika diaplikasikan kedalam kamar anak, dengan karakternya yang cerah dan juga lembut membuat kamar akan terasa nyaman dan penuh warna.

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa kamar tidur adalah milik Anda dan Anda harus memilih warna yang Anda sukai dan menbuat Anda nyaman.